my short stories
Jumat, 13 Maret 2009
BerFikiR CeRdik
BERFIKIR CERDIK
BY
Tonny Alessandra
Michael Jo’cnnor
Jonice Van Dyke
Siapakah Saya ??
| Kolom 1 | Kolom 2 | Kolom 3 | Kolom 4 |
| Mengarahkan | Mempegaruhi | Mantap | Hati-hati |
| Pasti | Optimis | Sabar | Menahan Diri |
| Berani | Antusias | Menstabilkan | Analistis |
| Kompetitif | Suka Bicara | Menampung | Persis |
| Kuat | Mempesona | Satai | Ingin Tahu |
Jumlah | Jumlah | Jumlah | Jumlah | |
Jumlah semua kolom harus 50, untuk menghitung kekanan harus diisi 1 2 3 4.
1:mantap 2:hati-hati 3:mengarahkan 4:mempengaruhi. Setelah itu tiap kolom harus dijumlah, kolom yang nilainya tinggi menentukan anda tipe mana. Kalau jumlah kolom tertinggi anda dibawah kolom
1. Anda tipe Direktur
2. Anda tipe Ahli Pergaulan
3. Anda tipe Ahli Hubungan
4. Anda tipe Pemikir
Tipe Direktur lambang Singa
Mengambil pimpinan, berorientasi pengendalian (takut kehilangan kekuasaan), suka besaing, termotivasi untuk menjadi nomor 1, berfokus pada tugas (tanpa memperhatikan orang lain), pencapaian prestasi, berkemauan keas, tidak sabar, sibuk.
Ciri khas Direktur | Maka anda harus |
Ingin menjadi no 1 | Memperlihatkan kepada mereka kesempatan baru dan bagaimana cara untuk menang |
Berpikir logis | Memberikan data yang ringkas |
Menginginkan fakta dan apa yang menonjol | Memberikan data yang ringkas |
Memperjuangkan hasil | Menyetujui sasaran dan batas, kemudian mendukung atau menyingkir dijalan mereka |
Menyukai pribadi pilihan | Membiarkan mreka bertindak sendiri dalam batas-batasnya |
Menyukai perubahan | Membuat rutinitas bevariasi |
Memilih untuk mendlegasikan | Mencari kesempatan untuk memodifikasi fokus beban kerja mereka |
Menginginkan orang lain memperhatikan kebehasilan | Memuji mereka tentang apa yang sudah merka lakukan |
Ahli Pergaulan simbol lumba-lumba
Ahli bergaul, mudah dan bersifat terbuka, menginginkan kekaguman, pujian dan tepuk tangan, berbicara tentang diri mereka sendiri.
Rasa takut terbesar menderita malu didepan umum.
Kekuatan antusias, kemampuan membujuk, keramahan, bisa menciptakan pujian sendiri, suka berbicara bermain ramah.
Kelemahan suka terlalu banyak terlibat, tidak sabar, takut sendirian yang menyebabkan bosan, menyamaratakan, mencari sesuatu yang baru, terlalu emosional, optimis punya langkah cepat mencari persetujuan, menyukai kesenangan, mudah dibangkitkan gairahnya, spontan, ekpresif (kadang-kadang tidak dapat dipercaya).
Ciri khas Ahli Pergaulan | Maka anda harus |
Menyukai persetujuan | Memperlihatkan kepada mereka bahwa anda mengagumi dan menyukai mereka |
Mencari uang dan situasi yang antusias | Berperilaku secara optimis dan menyediakan suasana yang bergairah |
Berfikir secara emosional | Mendukung perasaan mereka |
Ingin mengetahui harapan umum | Menghindari keterlibatan perincian, berfokus pada gambar besar |
Memerlukan keterlibatan dan kontak dengan orang lain | Berinteraksi, dan berperan serta dengan mereka |
Menyukai perubahan dan inovasi | Membuat variasi rutinitas |
Menginginkan agar orang lain memperhatikan mereka | Memuji mereka secara sering-sering, secara pribadi dan sering-sering |
Sering memerlukan bantuan | Melakukan apa-apa saja bersama-sama |
Tidak menyukai pertikaian | Bertindak tidak agresif |
Mencari tindakan dan rangsangan | Menjadi langkah yang tetap cepat dan hidup |
Mengelilingi diri mereka dengan optimismr | Mendukung gagasan mereka dan tidak mengacuhkan impian mereka |
Ahli Hubungan simbol koala
Mudah begaul, mempunyai langkah lebih lambat, diplomatis, bisa diramalkan, gigih, rendah hati, bisa menampung, suka brtetangga.
Ciri khas Ahli Hubungan | Maka anda harus |
Menyukai stabilitas | Menunjukkan bagaimana gagasan anda |
Berfikir logis | Memperlihatkan pertimbangan akal sehat |
Menginginkan dokumen dan fakta | Memberikan data atau bukti |
Menyukai keterlibatan | Memperlihatkan perhatian |
Perlu urutan selangkah demi selangkah | Memberi garis besar petunjuk terinci |
Menginginkan diperhatikan kegigihannya | Memuji mereka |
Menghindari resiko atau perubahan | Memberi mereka keyakinan |
Tidak menyukai pertikaian | Perlu dukungan |
Menampung orang lain | Membiarkan mereka |
Mencari ketenangan | Menyediakan suasana santai, ramah |
Menyukai kerja sama tim | Memberi mereka kelompok yang mau bekerja sama |
Pemikir simbol Rubah
Orangnya hati-hati, persis, semestinya, pribadi, menahan diri, mencari pertimbangan, logis, inventive melihat segala hal secara baru, kontemplatif tertutup merenung.
Ciri khas Pemikir | Maka anda harus |
Tidak menyukai cara pendekatan agresif | Mendekati mereka dengan cara yang tak langsung dan tidak mengancam |
Berfikir secara logis | Memperlihatkan pertimbangan akal |
Mencari data | Memberikan kepada mereka secara tertulis |
Perlu mengetahui prosesnya | Memberikan penjelasan dan alasan yang masuk akal |
Menggunakan kehati-hatian | Memberi mereka kesempatan untuk berfikir, bertanya dan memeriksa sebelum mereka membuat keputusan |
Lebih suka melakukan sendiri banyak hal | Membiarkan mereka memeriksa kemajuan dan unjuk kerja orang lain ketika mereka mendelegasikan |
Menginginkan orang lain melihat ketepatan mereka | Memuji mereka tentang kecermatan dan ketepatan mereka yang menyeluruh kalau keadaan memungkinkan |
Lebih berat kepada pengendalian mutu | Membiarkan mereka menaksir dan terlibat dalam proses kalau mungkin |
Menghindari pertikaian | Secara taksis meminta penjelasan dan bantuan yang mungkin anda perlukan |
Perlu dirinya benar | Memberi mereka waktu untuk menemukan jawaban yang terbaik / benar dalam batas yang ada |
Suka memikirkan | Memberitahu mereka mengapa dan bagaimana |
Direktur suka menonjolkan diri dan inisiatif kepemimpinan untuk memlai tugas mendelegasikan kepada orang lain untuk tindakan lanjutnya memulai proyeknya yang lebih menarik perhatian.
Pemikir motivasi perencanaan dan kecendrungan organisasi tugas dikerjakan secara persis termotivasi untuk benar pakar pengendalian mutu.
Ahli Hubungan punya ketekunan kesabaran tindak lanjut sampai tuntas sikap tanggap mau mendengarkan memberika empati bereaksi terhadap perasaan mereka.
Ahli Pergaulan penghibur alami suka memulai banyak hal tetapi tidak menyelesaikan sifatnya yang emosional antusias optimis ramah biasanya membangkitkan gairah lingkungan yang dalam keadaan lain bisa membosankan.
Tipe orientasi tugas Tipe orientasi manusia
Pemikir Ahli Hubungan
Direktur Ahli Pergaulan
Tipe langkah cepat Tipe langkah lambat
Direktur Ahli hubungan
Ahli Pergaulan Pemikir
Apa yang mereka cari
Direktur.................................. kekuasaan dan pengendalian
Ahli Pergaulan......................... popularitas dan prestise
Ahli Hubungan........................ ketulusan dan penghargaan
Pemikir................................... keakuratan dan presisi
Bagaimana mereka membuat keputusan
Direktur.................................. pasti
Ahli Pergaulan......................... spontan
Ahli Hubungan........................ dengan musyawarah
Pemikir................................... dengan pertimbangan
Perilaku tidak langsung
ü Mendekati resiko, keputusan atau perubahan dengan perlahan lahan dan hati-hati
ü Jarang memberikan sumbangan kepada percakapan kelompok
ü Jarang menggunakan gerak-gerik atau intonasi suara
ü Sering membuat pernyataan berkualifikasi
ü Menekankan banyak hal dengan penjelasan tentang isi
ü Mengajukan pertanyaan untuk mendapat kejelasan, dukungan atau informasi
ü Menahan pernyataan pendapat
ü Sabar mau bekerjasama dan diplomatis
ü Menunggu orang lain memperkenalkan diri
ü Berjabat tangan dengan lembut
ü Membuat kontak mata secara tidak terus-menerus
ü Mengikuti peraturan dan kebijaksanaan yang sudah mapan
Perilaku langsung
ü Mendekati keputusan atau perubahan dengan cepat dan spontan
ü Sering memberikan sumbangan kepada percakapan kelompok
ü Menggunakan gerak-gerik atau intonasi suara
ü Memberikan pernyataan tegas
ü Menekan banyak hal dengan suara dan bahasa tubuh
ü Mengajukan pertanyaan secara retoris
ü Siap menawarkan pendapat
ü Kurang sabar lebih kompetitif dan suka berkonfrontasi
ü Memperkenalkan dirinya
ü Berjabat tangan dengan kuat
ü Terus-menerus mempertahankan kontak mata
ü Membelokkan peraturan dan kebijaksanaan yang sudah mapan
Perilaku Terbuka (Mendukung)
ü Memperlihatkan dan berbagi perasaan dengan leluasa
ü Membuat keputusan berdasarkan perasaan
ü Menyimpang dalam percakapan
ü Memilih bekrja dengan orang lain
ü Memprakarsai dan menerima kontak fisik
ü Mudah diajak berkenalan
ü Tampak santai dan hangat
ü Berjabat tangan dengan sifat yang ramah
ü Memberikan banyak umpan balik non verbal
ü Menangapi impian, bayangan dan konsep
ü Memperlihatkan banyak antusiasme
ü Fleksible tentang bagaimana waktu digunakan orang lain
Perilaku menahan Diri (mengendalikan)
ü Memperlihatkan dan berbagi perasaan secara waspada
ü Membuat keputusan berdasarkan bukti
ü Berfokus pada persoalan dan tugas dalam percakapan
ü Memilih bekerja secara mandiri
ü Menghindari atau meminimalkan kontak fisik
ü Lebih sulit diajak berkenalan
ü Tampak mengekang diri dan bersikap sebagai mestinya
ü Berjabat tangan dengan cara formal
ü Memberikan sedikit umpan balik non verbal
ü Menangapi, realita pengalaman dan fakta
ü Tidak banyak memperlihatkan antusiaisme
ü Berdisiplin tentang bagaimana waktu digunakan orang lain
Menyesuaikan Diri Pribadi
| Bagaimana Cara Meningkatkan Kelenturan | Bagaimana Cara Meningkatkan Keserbabisaan |
Kalau Anda Seorang | Turunkan penekaran anda yang melampaui batas pada…… | Kembangkan dan tunjukkan lebih banyak……. |
Direktur | Pengendalian orang lain dan keadaan | Keahlian dan tindakan yang sportif contoh mendengarkan, mengajukan, pertanyaan, terbuka, memberi penguatan positif kepada orang lain |
Ahli pergaulan | Persetujuan dari orang lain / kelompok pada penentu utama pilihan yang semestinya bagi anda | Keahlian dan tindakan mengarahkan contoh menonjolkan diri, mengatasi konflik, berunding |
Ahli Hubungan | Perlawanan terhadap kesempatan baru, membatasi pilihan anda dengan tuntutan yang tidak semestinya / ketergantungan pada kesetabilan / pilihan bebas risiko | Keahlian dan tindakan, mengarahkan contoh berunding, berfikir secara berbeda |
Pemikir | Perfeksionalisme yang tidak perlu dan kecenderungan untuk berfokus pada kelemahan diri sendiri dan orang lain | Keahlian dan tindakan sportif contoh mendengarkan dengan rasa empati, pemberi penguatan positif kepada orang lain, keterlibatan dengan orang lain dengan kekuatan pelengkap |
Rencana Tindakan
Kalau Anda Berurusan Dengan…. | Ambillah Tindakan ini…. |
Direktur | Bertindaklah langsung ketujuan dengan cepat dan pasti tanpa dihambat oleh perincian yang kecil-kecil. Beroperasilah dengan penuh keyakinan karena mengetahui apa yang anda lakukan dan tidak berusaha mengertak |
Ahli Pergaulan | Perlihatkan energi dan gairah anda sementara berfokus pada interaksi memberi dan menerima. Jadikanlah pertemuan anda menyenangkan bergairah dan bisa dinikmati |
Ahli Hubungan | Kembangkan hubungan yang santai, lancar bersifat pribadi dan satu lawan satu. Perlakukan mereka dengan kehangatan perasaan dan kepekaan |
Pemikir | Gunakan cara pendekatan yang teratur, logis dan akurat yang berfokus pada proses dan prosedur. Beri mereka dokumentasi yang sudah dipikirkan masak-masak dan akurat |
5 Ciri khas positif menangkap esensi potensi kelenturan (kesediaan untuk menyesuaikan perilaku) :
a. Keyakinan
b. Toleransi
c. Empati
d. Sikap Positif
e. Rasa Hormat pada Orang lain
5 Ciri keserbabisaan
ü Keuletan
ü Wawasan
ü Sikap penuh perhatian
ü Kecakapan
ü Koreksi diri
Bidang Karir
Direktur : Presiden direktur / pejabat eksekutif kepala politikus, perwira polisi militer, eksekutif manejer, pengusaha, pemilik perusahaan, kontraktor umum
Ciri khas bisnis direktur : memilih kerangka waktu, mencari pengendalian pribadi, langsung ketujuan, berusaha untuk merasa dirinya penting dan berharga dalam pekerjaan mereka, memperlihatkan kegigihan dan tekat yang bulat untuk mencapai tujuan, menyatakan kekuatan ego yang tinggi, memilih untuk menyepelekan perasaan dan hubungan, berfokus pada tindakan tugas yang menuju hasil yang nyata, melaksanakan perubahan ditempat kerja, mendelegasikan tugas dengan bebas supaya bisa melaksanakan lebih banyak proyek.
Situasi bisnis pilihan direktur : suka memegang kepemimpinan, suka memberi tahu orang apa yang hrus dilakukan, menyukai beban kerja yang menantang dan mengorbankan tingkat enegi mereka, mengwasi kegiatan bisnis karyawan, mengatakan apa yang ada didalam pikiran mereka tanpa memperdulikan apakah itu menyakitkan perasaan seseorang, suka mengambil resiko, suka terlibat dalam perubahan, tertarik pada pernyataan “apa” bukan “bagaimana” suka melihat jalan yang logis menuju kemajuan.
Ahli pergaulan : Special publik relation, penghibur, pembawa acara profesional, direktur rekreasional, politikus, pewawancara personel, salesman.
Ciri khas Ahli Pergaulan : menyukai pemerasan otak, menikmati interaksi dengan rekan kerja dan orang lain, menginginkan kebebasan dari pengendalian, perincian / kerumitan, suka mempengaruhi / memotifasi orang lain, menyukai perasaan bahwa dirinya menjadi bagian kunci satu tim yang menarik, ingin dimasukkan orang lain dalam proyek kegiatan, mudah bosan oleh rutinitas dan pengulangan, mungkin mempercayai orang lain tanpa kecurigaan, cenderung mendengarkan orang lain tanpa memeriksa sendiri.
Situasi bisnis Ahli Pergaulan : suka bekerja dengan pesan serta bersama orang lain, memerlukan umpan blik seketika untuk tetap berada dijalurnya, suka bercampur gaul dengan semua tingkat rekan kerja, memanggil orang lain dengan nama depannya, menikmati pujian terhadap dirinya, menghargai pengakuan pencapaian prestasinya, mencari lingkungn penuh rangsang yang ramah dan menguntungkan, termotifasi untuk bekerja menuju insentif, tetap terbuka, suka memulai proyek dan membiarkan orang lain menyelesaikan.
Ahli Hubungan : Penasehat keuangan, pekerja sosial, pelayan kesehatan masyarakat, guru, asisten, pustakawan, perwakilan pelayanan pelanggan.
Ciri khas bisnis Ahli Hubungan : perlu mengetahui urutan prosedur, beroprasi dengan baik sebagai anggota kelompok kerja, termotifasi oleh praktek biasa, berorientasi kearah tindakan yang lebih kongkrit dan bisa diulangi, menginginkan ketertiban ditempat kerja, mencari kestabilan, berfokus pada bagaimana bila mana melakukan banyak hal, bekerja tetap dan bisa diramal, menyukai hubungan jangka panjang dengan perusahaan atau rekan kerja.
Situasi bisnis Ahli Hubungan : suka mengerjakan tugas yang sama, memilih bekerja secara kooperatif, tidak suka mwngambil risiko, suka bekerja dalam lingkungan yang stabil tidak mentereng, menginginkan perubahan minimum, suka mengetahui setiap langkah menuju penyelesaian tugas mereka, memilih untuk membuat keputusan yang berfungsi sesuai dengan prosedur operasi standar, lebih suka tidak membuat keputusan sendiri, senang merasa seperti anggota kelompok kerja yang dihargai.
Pemikir : Membuat prakiran, kritikus, ahli riset, analistis data, akuntan atau auditor, pelukis pemahat, arsitek, pencipta.
Ciri khas bisnis pemikir : berkepentingan dengan proses, ingin mengetahui banyak hal bekerja, berfikir secara intutif dan orisinil, mungkin menciptakan struktur mode atau model mereka sendiri, menghargai kualitas diatas kuantitas, memilih keluaran lebih rendah dibanding dengan hasil yang buruk, menggunakan proses berfikir logis untuk menghindari kesalahan, terlalu memperhatikan perincian kadang-kadang menghambat kemajuan, tidak menyukai perubahan atau kejutan, menolak agresi.
Situasi bisnis pilahan Pemikir : menginginkan penghargaan atas pkerjaan atau gagasannya dari atasan, menghindari kritik untuk pekerjaannya, suka menetapkan standar pengendalian mutu, memantau standar untuk meyakinkan bahwa hal itu dilaksanakan secara semestinya, bekerja dengan sistem data yang lengkap, bisa merumuskan beberapa sistem data sendiri, ingin dihargai oleh atasan karena selalu benar, memilih tempat kerja yang terorganisasi dan berorientasi proses, meminimalkan pergaulan ditempat kerja, ingin dipandang sebagai pekeja kunci dalam organisasi.
Rencana Tindakan
Kalau anda seorang Direktur : beri kesempatan orang lain melakukan banyak hal tanpa ganguan. Berperan serta dalam kelompok tanpa mengharapkan selalu memegang komando, memodifikasi kecenderungan untuk memberikan perintah kepada orang lain. Mintalah masukan dan dukungan orang lain melalui tindakan peran srta dan kerja sama, beri orang lain penghargaan kalo mereka layak menerima, pujilah orang lain untuk pekerjaan yang diselesaikan dengan baik, biarkan rekan kerja dan karyawan mengetahui bahwa anda menyadari kesalahan memang sudah diperitungkan, biarkan wewenang disamping tangung jawab ketika mendelegasi.
Kalau orang lain seorang Direktur : bantulah mereka belajar mengukur resiko secara lebih realistis , melakukan lebih banyak tindakan berhati-hati dan terencana sebelum membuat keputusan dan menarik kesimpulan, ikutilah ketentuan yang berlaku, demilian pula peraturan dan harapan, akuilah dan mintalah sumbangan dari orang lain baik sebagai individu maupun didalam kelompok, beritahukan kepada orang lain alasan untuk keputusan, kembangkan lebih banyak perhatian atau sikaptanggap terhadap emosi
Kalau anda Ahli Pergaulan : tangani perincian penting kalau keadaan memungkinkan, tingkatkan upaya untuk mengambil tindakan lebih lanjut sampai tuntas, pantaulah pergaulan untuk menjaganya tetap seimbang dengan aspek-aspek kehidupan lain, tuliskan segala hal dan bekerjalah dari daftar sehingga anda tahu apa yang harus dilakukan pada waktunya, tetapkan prioritas untuk tindakan dan berfokuslah pada tugas sesuai dengan urutan segi penting, jadilah lebih terorganisasi dan teratur dalam cara anda melakukan segala hal, ambilah tugas yang kurang menarik untuk diselesaikan lebih pagi dihari kerja, berikanlah perhatian lebih banyak pada manajemen waktu untuk semua kegiatan, lakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa anda berada pada jalurnya dengan tugas dan tujuan.
Kalau orang lain Ahli Pergaulan : bantulah mereka belajar menetapkan prioritas dan membuat peraturan, melaksanakn tugas sampai selesai, memandang orang lain dari tugas secara lebih obyektif, menghindari penggunaan berlebih pemberian dan penerimaan nasehat yang bisa mengakibatkan kurangnya fokus terhadap tugas, menuliskan segala hal, melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan maupun menyenangkan, berfokus pada apa yang penting sekarang, menghindari perbuatan menunda atau berharap orang lain akan melakukan pekerjan bagi mereka.
Kalau anda Ahli Hubungan : reganglah diri anda dengan mengambil tugas lebih banyak, tingkatkan mengutarakan secara lisan pemikiran dan perasaan anda, percepat tindakan anda dengan mulai beberapa proyek lebih cepat, kurangilah sedikit kepekaan anda sehingga perasaan rekan kerja tidak mempengaruhi untuk kerja anda sendiri, belajarlah menyesuaikan diri lebih cepat kepada perubahan atau penyempurnaan praktek yang berlaku, dukungan tehnik tindakan asertif anda.
Kalau orang lain Ahli Hubungan : bantulah mereka belajar, menggunakan jalan pintas dan membuang langkah-langkah yang tidak perlu, mengikuti pertumbuhan mereka, menghindari kemungkinan melakukan pekerjaan dengan cara yang sama, berfokus pada tujuan tanpa memperhatikan pemikiran atau perasaan lain, menyadari bahwa masih terdapat lebih banyak dari pada sekedar satu cara pendekatan pada tugas, menjadi lebih terbuka terhadap resiko dengan perubahan, merasa dihargai dengan tulus, berani bicara serta menyuarakan pemikiran dan perasaan, memodifikasi kecenderungan mereka melakukan apa yang diberitahukan orang lain kepada mereka, mendapatkan dan menerima penghargaan dan pujian, kalau keadaannya sesuai.
Kalau anda seorang Pemikir : lakukan modifikasi atas kritik tentang pekerjaan orang lain, kurangi ketetapan memeriksa, kurangi emosi menahan diri, terlibatlah interaksi yang lebih santai, terimalah kenyataan bahwa anda bisa mempunyai standar tinggi tanpa mengharapkan kesempurnaan, tidak menghindari perselisihan paham, kurangi kecenderungan membuat persiapan berlebih.
Kalau orang lain pemikir : bantulah mereka belajar, berbagi pengetahuan dan keahlian, mempertahankan harapan tinggi untuk butir-butir prioritas tinggi, tetapi tidak harus dengan segala-galanya, tetap berada diatas jalur dengan tugas dan pemeriksaan yang lebih jarang, menyeimbangkan kehidupan mereka dengan interaksi maupun tugas, memandang orang lain dan situasi tidak terlalu serius dan bersikap mencela, mengincar batas waktu dan ukuran yang realistis, berdiri tegak membela diri terhadap orang yang mereka pilih untuk mereka hindari.
S : Specific spesifik
M : Measurable bisa diukur
A : Achievable bisa dicapai
R : Realistic realistis
t : Tractable dapat dilacak
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home