my short stories

Jumat, 19 Desember 2008

Kuliah smbil Kerja, siapa takut ??

HuuUUhhh....., byar kuliah memang berat tapi mo gimana lagi klo udah daftar suatu universitas, palagi universitas swsta bisa rontokin kantong ortu......

Mumpung msih semester awal, g da salahnya mencoba hal yang baru namun positif. misalnya kuliah sambil kerja walau kerjaan g sesuai ma jurusan yang kita ambil. Banyak manfaatnya loe klo kalian minat....selain menambah teman bisa juga menambah wawasan baik ilmu dlm bekerja maupun ilmu lain.....

Q dulu juga penah gitu, sebenarnya juga gberniat ma kul, coz biaya mahal 'n ortuQ jelasnya g kuat byar biaya kuliah, apalagi ke luar kota, mkanya Q dilarang klo mo kul di luar kota mending di kota sendiri ja. Setelah kursus, Q nyoba bekerja di suatu agen koran namanya Sagita, selai dalam perkoraan nie toko juga jual pulsa alias merangkap jadi conter... Ya lumayan lama bekerja di situ sekitar 1 1/2 tahun.....

Mungkin baru kerja sekitar 5 bulan Q daftar kul di IKIP, katanya ibuQ ya terusin ja g pa2 kul ntr keuangannya di bantu......(tpi kenyatan g gitu kebanyakan uang simpananQ sendiri).

Dalam bahasan ini Q cuma ngasih tips, biar Kerja 'n Kuliah sama2 okey :

  1. Keep in touch. Menjaga hubungan baik dengan teman sekelas. Hal ini sangat menguntungkan kita ketika terpaksa g masuk kul gara2 kerjaan (lembur). Kita bisa pinjam cata2n saat kita g msuk kul. Meminta penjelasan yang terlewat saat g msuk kul.
  2. Atur waktu. Bikin rencana harian / mingguan yang memuat jadwal kerja, kuliah, nyantai, nonton, olah raga dan tambahan belajar. Dengan buat manajemen waktu kita akan teratur dan tidak bingung kan sudah terjadwal.
  3. Menyendiri. Ciptakan suasana belajar yang nyaman di rumah, jauh dari gangguan televisi atau telepon, atur pula komputer, buku, catatan kuliah secara rapi sehingga kita mudah menemukan ketika kita ingin belajar. Merapikan meja kerja dan berkas2 kantor saat kita ingin pulang.
  4. Berilah hadiah. Misal saat kita berhasil mendapatkan nilai A atau B+ dengan mentraktir diri sendiri untuk membeli sesuatu yang di inginkan.
Gmn ?? Ayo majuu............ jgn takut untuk bertindak
posted by dev's stories at 19.53

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home